Sejarah Tentang Keris Nogo Sosro Sabuk Inten

Sejarah tentang keris nogo sosro sabuk inten! Benda pusaka ini merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit. Keris pusaka ini mempunyai salah satu nama uang yang terkenal yaitu nagasasra. Nama itu merupakan salah satu dapur keris luk tiga belas, sudah banyak diketahui juga oleh orang-orang. Nama ini mungkin sudah sangat terkenal dikalangan banyak orang apalagi diketahui secara turun-temurun. Berawal dari raja kerajaan majapahit dan diketahui informasinya secara turun-temurun.

Bentuk keris ini pada bagian gendiknya terdapat ukiran kepala naga. Sedangkan pada bagian badan keris bergambar sisik yang halus mengikuti luk sampai ujungnya. Pembuatan keris terbaik ini berhasil oleh karya empu ki nom. Diketahui bahwa empu ini hidup diakhiri jaman masa kerajaan Majapahit sampai masa pemerintahan Sri Sultan agung. Tetapi informasi ini tidak sama ada juga yang menyebutkan hidup pada jaman kerajaan Mataram dan merupakan cucu dari empu supo Anom.

Informasi mengenai keris nogo sosro sabuk inten ini sekarang semakin simpang siur. Semakin majunya jaman membuat informasi banyak disimpang akurkan dan ditambah-tambahkan. Hal ini membuat orang dijaman sekarang banyak mendapat informasi palsu dan bahkan tidak mengetahuinya. Mungkin hanya beberapa orang yang mengetahui informasi yang benar tentang ini. Tatapi sebagian orang bahkan tidak peduli tentang hal ini sehingga mencari tahu. Hal ini terbukti dari kebanyakan orang yang tidak mengetahuinya.

Dijaman sekarang ini memang hanya peduli tentang teknologi yang semakin dikembangkan. Sehingga sejarah ditinggalkan dan tidak dipedulikan sama sekali, padahal hal ini juga perlu diketahui. Untuk meningkatkan wawasan tentang jaman dulu sebelum kita ada. Jangan sampai sejarah ini dilupakan dan tidak dipedulikan karena akan sangat penting juga untuk bekal wawasan diri. Apalagi bagi orang yang menjadi penduduk asli dalam sejarah itu.

Ada beberapa peninggalan salah satunya keris nogo sosro sabuk inten yang perlu diketahui. Peninggalan yang lahir pada jaman kerajaan Majapahit ini perlu diketahui sejarahnya oleh kita sebagai wawasan. Jadi yang harus pertama diketahui yaitu yang membuat dan menciptakannya dia adalah empu supo anom. Keris ini mempunyai kesaktian ketika jaman dulu dipakai oleh kerajaan Majapahit. Keris ini merupakan salah satu benda pusaka yang paling sakti pada jaman dulu.

Keris pusaka ini dipercaya paling sakti diantara yang lainnya. Sebagian masyarakat Jawa mempercayai bahwa keris ini masih terjaga sampai sekarang. Keris satu ini juga dipercaya bisa melanggangkan kekuasaan maka dari itu banyak politikus yang mencarinya. Sehingga keris ini sekarang menjadi rebutan banyak orang apalagi oleh para politikus. Keris ini juga dijual dengan harga miliaran tetapi tidaklah mudah untuk mendapatkannya. Tidak sembarang orang bisa mendapatkan dan menggunakan keris ini.

Dari kesaktian yang dimiliki oleh keris ini, mampu terbuktikan bagaimana auranya. Maka dari itu keris nogo sosro sabuk inten ini semakin banyak diincar oleh orang-orang. Pada keris dapur Nagasasra ini pada bagian bilahnya sebagian besar terdapat kinatah emas. Keris ini sudah dirancang pada awal pembuatannya oleh seorang empu. Pada akhir pembuatan sang empu membentuk kinatah yang sesuai dengan rancangan. Maka sebelumnnya pasti dibuat dulu rancangan bentuk dengan sangat teliti.

Dapur sabuk yang disebut mirip dengan nagasasra ini memiliki bagian luk tiga belas yang membedakannya dengan lainnya, seperti adanya greneng, sogokan, kembang kacang, hingga lambe gajah. Perbedaan ini dapat dengan mudah dilihat dan dipastikan dengan baik agar tidak salah beranggapan. Karena jika salah beranggapan maka nantinya akan menjadi masalah info yang simpang siur dan tidak benar seiring turun-temurun. Masalahnya hal ini tidak boleh sampai terjadi agar informasi tersampai dengan jelas dan benar.

Apalagi jaman sekarang banyak orang yang suka memberi informasi salah dengan sengaja. Jadi seharusnya orang tahu detail sejarahnya sehingga tidak terjadi simpang siur. Hal ini juga membuat kita tidak perlu mencari info dari mulut seseorang yang bisa saja tidak benar. Sekarang ini banyak dibangun musium yang isinya tentang sejarah masa dulu. Jadi kita dapat mencari informasinya dari sana karena pasti isinya akan sesuai dan benar. Pentingnya mengetahui sejarah ini untuk orang-orang agar mengerti dan tahu semua hal salah satunya keris nogo sosro sabuk inten.

Sejarah ini harus diketahui oleh orang-orang agar tahu dulunya itu seperti apa dan digunakan ketika jaman mana. Jangan hanya mengetahui dunia teknologi saja dengan mengetahui sejarah kita jadi akan lebih menghargai beberapa hal. Perilaku pun akan lebih baik dari sebelum mengetahui sejarah ini. Jadi sejarah itu dapat melatih kepribadian kita menjadi lebih baik dan suka menghargai.

Itulah beberapa sejarah dan pengetahuan mengenai keris nogo sosro sabuk inten. Ketahuilah sejarah ini lebih dalam untuk dijadikan wawasan pengetahuan dan pengajaran. Kepribadian seseorang pun bisa menjadi lebih baik setelah mengetahui berbagai sejarah.