Sejarah Dan Awal Mula Kemunculan Mitos Keris Omyang Jimbe

Sejarah Dan Awal Mula Kemunculan Mitos Keris Omyang Jimbe – Bagi Anda yang menggeluti dunia antik terutama dalam bidang keris, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Keris Omyang Jimbe. Konon katanya, keris ini menjadi salah satu keris yang cukup banyak dicari oleh kolektor benda antik ataupun benda-benda bernuansa mistik penuh mitos.

Menurut kabar yang beredar, penamaan keris Omyang Jimbe tersebut didasarkan pada nama seorang Mpu bernama Omyang yang hidup pada zaman Kerajaan Pajang. Menurut mitos yang beredar, keris bernama Omyang Jimbe tersebut memiliki beberapa kesaktian atau keistimewaan yang membuatnya banyak dicari oleh para kolektor benda-benda antik.

 

Sejarah Dan Kabar Asal Usul Tentang Keris Omyang Jimbe

Keberadaan berbagai macam Mitos Keris Omyang Jimbe inilah yang membuatnya menjadi salah satu benda antik yang banyak diburu oleh sejumlah kalangan kolektor. Menurut sejumlah informasi yang beredar, keris dengan dapur puthut kembar memiliki sejumlah besar versi yang berbeda.

Beberapa jenis keris yang biasa disebut dengan sebutan Omyang ini diantaranya adalah Omyang Jimbe, Omyang Tambah Beras, Omyang Cungpet, dan lain sebagainya. Konon, berbagai jenis keris omyang ini termasuk langka dan sukar didapatkan. Meski hanya sebatas mitos, namun tak sedikit yang memiliki ketertarikan lebih terhadap keris-keris buatan zaman kerajaan Pajang tersebut.

Konon keris bernama “Omyang” ini merupakan buatan dari seorang Empu bernama Empu Omyang yang hidup di era Kerajaan Pajang. Mpu Omyang merupakan putra dari Mpu Supa (sepuh) dari zaman Kerajaan Majapahit. Setelah diusir dari Kerajaan Pajang, Mpu Omyang pun singgah di Kudus dan setelah itu mengabdi pada Kerajaan Mataram.

Terdapat cukup banyak  hal terkait dengan Mitos Keris Omyang Jimbe. Ada yang menyebutkan bahwa keris ini dapat menarik kekayaan ataupun harta. Namun ini hanyalah mitos-mitos yang beredar di sejumlah kalangan masyarakat dan ataupun kolektor benda antik. Meski hanya sebatas Mitos yang tidak ada uji kevalidannya, namun masih membuat benda yang satu ini banyak diburu oleh sejumlah kolektor benda-benda antik dalam negeri.

Meskipun cukup banyak mitos yang beredar tentang keterkaitan antara keris ini dengan harta, namun hingga kini belum ada informasi yang pasti mengenai sumber mitos tentang keris ini. Keris Omyang yang dibuat pada masa Kerajaan Pajang ini dikenal sebagai keris yang memiliki ganja datar yang termasuk ke dalam jenis ganja wuwung.

Menurut sejumlah informasi, keris Omyang ini dibuat dengan menggunakan besi mentah yang memiliki warna putih seperti warna perak dan juga cenderung kurang tempaan. Sebagai salah satu benda atau senjata yang cukup antik dan unik, tak pelak jika banyak kolektor yang mencoba untuk mencari keris yang diyakini telah dibuat sejak zaman Kerajaan Pajang berdiri tersebut.

Mitos Keris Omyang Jimbe cukup banyak beredar di sejumlah kalangan masyarakat terutama penggemar barang-barang antik. Bahkan tak sedikit orang yang cenderung melebih-lebihkan mitos tentang keris yang satu ini seperti dapat memudahkan dalam bernegosiasi dan lain sebagainya. Keberadaan sejumlah mitos yang dibicarakan secara turun-temurun telah menjadikan keris buatan Empu dari Pajang ini menjadi sesuatu yang bernilai bagi kolektor.

Keris Omyang Jimbe selain dipandang sebagai salah satu benda atau barang antik juga dianggap sebagai sesuatu yang bertuah oleh sebagian orang. Oleh karena itu, dengan adanya beberapa jenis ragam jenis Omyang, tak mengerankan apabila banyak kolektor menaruh minat pada benda yang diselimuti mitos ini.

Keris berdhapur Omyang Jimbe selain banyak diburu oleh para kolektor barang antik juga banyak yang membuat bentuk tiruan keris ini. Orang-orang yang mempercayai Mitos Keris Omyang Jimbe percaya dengan kekuatan dan juga kesaktian yang dimilikinya. Selain itu, banyak yang memiliki anggapan bahwa keris dengan berdhapur puthut kembar ini cukup unik untuk dijadikan barang koleksi.

Sebagai salah satu barang kuno yang dipercaya telah ada sejak zaman Kerajaan Pajang, tidak mengherankan apabila keris tersebut menjadi salah satu benda yang dianggap unik, antik, dan bahkan dianggap memiliki sejumlah kesaktian tertentu.

Terlepas dari berbagai macam mitos dan legenda yang menyertainya, Keris merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang patut untuk dijaga dan dilestarikan keberadaanya sebagai salah satu warisan budaya lokal. Keris dan berbagai macam senjata tradisional lainnya telah menjadi bagian yang cukup dekat dengan sejarah perkembangan kerajaan-kerajaan di Nusantara maka tak mengherankan apabila memiliki balutan mitos dan legenda yang cukup kental.

Demikianlah sejarah dan asal kemunculan Mitos Keris Omyang Jimbe yang masih cukup populer hingga kini. Keris yang dibuat oleh Empu Omyang di zaman Kerajaan Pajang ini telah banyak menarik perhatian para kolektor dan benda antik untuk menjadikannya sebagai salah satu koleksinya. Meskipun Anda memiliki berbagai macam benda-benda antik, namun tempat untuk meminta tetaplah pada Tuhan Pemilik Semesta Alam.