Misteri Keris Pusaka Setan Kober yang Wajib Anda Ketahui

Misteri keris pusaka setan kober – Keris merupakan sebuah alat atau senjata tradisional yang berasal dari Indonesia. Dimana hampir setiap daerah memiliki jenis dan juga bentuk keris yang berbeda-beda. Tidak terkecuali dengan Pulau Jawa yang diyakini sebagai daerah pemilik dan juga penghasil keris terbesar di seluruh penjuru Indonesia.

Berbicara mengenai keris, tentu tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Mulai dari asal muasalnya, jenis-jenis kerisnya, ragam bentuknya, hingga makna dan juga kegunaan dari si keris itu sendiri. Tentu setiap keris memiliki ceritanya masing-masing. Dimana akan ada kisah yang bergulir dan diyakini di setiap masanya.

Begitu pula dengan misteri yang menaunginya. Tentu sebuah keris akan sangat kental dengan cerita mistis dibaliknya. Misteri yang terkandung dalam sebuah keris akan membawa berbagai cerita versi pendengarnya. Kali ini, kita akan membahas tentang misteri dari keris pusaka setan kober.

Asal Muasal Keris Setan Kober

Bagi para pecinta keris, mungkin nama keris setan kober ini tidak asing ditelinga. Namun, bagi orang awam, pastinya nama keris setan kober ini baru pertama kali didengar dan juga terasa aneh di telinga.

Keris setan kober ini diyakini berasal pada masa kerajaan Brawijaya. Dimana manusia dengan setan ataupun jin kasat mata berinteraksi secara langsung secara bebas. Pada jaman Dewa itu, masyarakay meyakini adanya budaya atau adat jawa yang biasa disebut dengan adat Kejawen. Yang mana keleluhuran berada diatas segalanya.

Pada masa Hiyang Bangau, seluruh masyarakat Jawa meyakini terbaginya 3 golongan makhluk. Yang mana diantaranya adalah manusia, lelembut, dan juga siluman. Dari keseluruhan golongan yang telah disebutkan diatas, terjadilah sebuah perpecahan yang mana ada yang disebut dengan aliran putih dan juga aliran hitam. 

Semenjak dua golongan ini terbentuk, banyak sekali peperangan yang terjadi. Hal itu berlangsung hingga pada jaman wali songo terlahir. Nah, dari golongan ilmu hitam inilah lahir sosok baru yang bernama ‘Setan Kober’.

Misteri Tentang Asal Usul Nama Setan Kober

Disinilah awal mula misteri keris pusaka setan kober ada. Ditengah kepercayaan masyarakag luas tentang adanya setan kober ini membawa cerita tentang asal usul nama setan kober itu sendiri. 

Dimana menurut cerita melegenda, bahwa setan kober merupakan sebuah nama dari sesosok manusia setengah siluman yang banyak sekali membawa mala petaka berupa pertumpahan darah bagi seluruh manusia pada masa itu. Dimana ini terjadi pada masa kerjaan Majapahit. 

Mengapa disebut setan kober? Karena siluman ini memiliki kesaktian luar biasa yang belum pernah sekalipun terkalahkan. Dari cerita yang diyakini kebenarannya, bahwa si Setan Kober ini pernah menjabat sebagai seorang guru besar dari tujuh aliran selama 473 tahun lamanya. Hal ini terjadi karena kesohoran dari kesaktiannya.

Asal usulnya sendiri adalah dari terlahirnya seorang Banaspati Agung pada jaman kepemimpinan Raja Lautan, Purwacarita 10. Dimana ternyata Raja Lautan ini ternyata merupakan keturunan dari siluman api. Setan Kober sendiri ternyata tinggal di dalam hutan. Tepatnya berada diantar perbatasan Cibogo, Benda Kerep. 

Semua penjelasan mengenai misteri dari keris pusaka setan kober ini telah tertuang secara tertulis dalam buku ‘Babad Tanah Cirebon’ karya dari R.A. Suladiningrat X. Jika ingin mengetahui lebih jelas mengenai keris setan kober ini, silahkan membeli bukunya atau bisa mencari referensinya di Internet. Semoga penjelasan singkat diatas bisa menambah pengetahuan kita, ya!