Misteri Daya Magis Keris Pusaka Setan Kober yang Melegenda

Indonesia terkenal akan kekayaan budaya dan tradisi nenek moyang sejak zaman dahulu kala. Tradisi yang tercipta sejak dulu ini sering kali membawa banyak misteri dan mitos yang membuat banyak orang penasaran dengan kebenarannya. Salah satunya adalah misteri Keris Setan Kober.

Keris pusaka Setan Kober ini merupakan salah satu benda antik yang memiliki nilai sejarah dan spiritual yang tinggi. Keris ini tertulis dalam sebuah babad Jawa Kuno yang menyebutkan jika keris ini memiliki kekuatan magis yang besar. Berikut adalah fakta-fakta mengenai Keris Setan Kober sakti yang melegenda.

Sejarah Keris Setan Kober

Menurut sebuah babad yang memuat tentang silsilah raja di Kerajaan Jawa Kuno, Keris Setan Kober dibuat oleh seorang Mpu yang sakti mandraguna. Mpu ini bernama Mpu Bayu Aji yang terkenal akan kepiawaiannya dalam menciptakan benda-benda pusaka.

Keris sakti satu ini dibuat oleh Mpu Bayu Aji pada tahun 1150 saat Kerajaan Pajajaran masih berjaya. Beliau tinggal di sebuah rumah yang terletak di hutan di daerah Cirebon untuk membuat benda-benda mistik lainnya. Mpu Bayu Aji terkenal sebagai guru yang sangat dihormati tidak hanya oleh manusia tetapi juga para jin.

Pembuatan Keris Setan Kober awalnya dimulai dengan pembuatan keris luk 13 atau keris dengan jumlah lekukan 13. Saat proses penyempurnaan, terjadi hal yang tidak sesuai sehingga Mpu Bayu Aji gagal memberikan kekuatan magis yang seharusnya. Keris ini justru menyimpan kekuatan dan kutukan yang mematikan.

Keris ini kemudian dinamai dengan Keris Setan Kober. Kutukan yang terdapat dalam keris ini adalah siapapun yang menggunakan keris ini di medan perang, orang itu akan gugur. Saat itu banyak orang yang takut dengan keris satu ini untuk dibawa ke medan pertempuran.

Setelah ratusan tahun lamanya, pada tahun 1500 an, keris satu ini berhasil berada ditangan Arya Penangsang. Beliau adalah seorang adipati Demak yang gemar mengobarkan peperangan di tanah Jawa. Namun hidupnya harus berakhir di tangan musuh yang kuat yaitu anak angkat Adipati Pajang yang bernama Sutawijaya.

Hadiwijaya kemudian mengambil alih Keris Setan Kober dan memberikannya kepada Sunan Kudus. Sayangnya, keris ini tiba-tiba menghilang dari pengawasan Sunan Kudus akibat diambil oleh orang-orang yang tidak diinginkan. Hal ini membuat banyak orang ketakutan bagaikan hidup di bawah teror yang mematikan. 

Keberadaan Keris Setan Kober terus mengundang banyak permusuhan dan peperangan antar kabupaten di Jawa pada masa itu. Banyak yang mempercayai jika Keris Setan Kober digunakan oleh Pangeran Diponegoro untuk mengusir pemerintah Hindia Belanda dari Pulau Jawa. Sayangnya hal ini hanyalah mitos.

Kesaktian dan Daya Magis Keris Setan Kober

Setelah mengetahui sejarah dari Keris Setan Kober, selanjutnya akan dibahas mengenai kesaktian dan daya magis keris satu ini. Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, keris ini mengandung kutukan kepada orang-orang yang mempergunakannya di medan perang.

Yang menjadi korban dari keris ini tidak hanya pemiliknya, tetapi juga para prajurit musuh. Keris ini terkenal akan sifatnya yang haus darah dan mempengaruhi pemiliknya untuk membunuh banyak orang. Entah berapa banyak manusia yang menjadi korban dari keris ini, tidak ada yang tahu pasti berapa jumlahnya.

Banyak orang mengatakan dan mempercayai kalau keris ini saat dikeluarkan dari warangkanya, keris ini bisa menyalurkan energi yang besar pada orang disekitarnya. Energi ini berupa getaran yang menimbulkan efek yang beragam, ada yang ketakutan, ada pula yang semakin takjub dengan kekuatan keris satu ini.

Ada juga yang mengatakan jika pemilik dari keris ini marah, saat dicabut keris ini mampu mengundang angin topan dan hujan badai yang sangat besar. Tentu hal ini membuat banyak orang yang takut tidak hanya pada keris tersebut tetapi juga pada pemiliknya saat itu.

Siapapun yang menjadi pemilik keris itu berubah menjadi orang yang mudah tersulut emosinya dan suka menebarkan genderang perang. Hal ini dikarenakan keris ini dipercaya mampu membawa hawa yang panas kepada suasana hati para pemiliknya. Pikiran mereka pun seringkali menjadi kalut dan mudah gelap mata.

Sejak Sunan Kudus gagal menjaga keberadaan Keris Setan Kober, banyak orang menerka-nerka siapa yang mengambil keris tersebut. Keberadaannya yang hilang secara tiba-tiba semakin mampu menambah misteri serta nilai mistik yang dimiliki oleh keris sakti satu ini.

Ada yang mempercayai jika keris ini hilang secara gaib, ada pula yang percaya jika keris ini telah dimusnahkan untuk menghindari kutukan yang berlanjut. Jika keris ini masih bertahan hingga sekarang dan kesaktiannya terbukti akurat, tentu saja hal ini sangat berbahaya.

Meskipun banyak orang tampak lega atas ketiadaan keris ini, tetap sangat disayangkan. Karena keris ini bisa menjadi bukti sejarah yang bagus yang bisa dipelajari oleh generasi saat ini dan yang akan datang.

Demikianlah ulasan artikel mengenai daya magis dan kesaktian yang dimiliki oleh Keris Setan Kober. Indonesia masih memiliki banyak benda pusaka lain yang patut untuk dipelajari sejarah dan keberadaannya. Semoga bermanfaat.