Mengenal Lebih Dalam Sejarah Keris Singo Barong Dan Keampuhannya

Mengenal Lebih Dalam Sejarah Keris Singo Barong Dan Keampuhannya - Kepercayaan akan kekuatan yang berasal dari dimensi lain sejak dahulu sudah tertanam di benak orang-orang Indonesia. Bahkan memasuki abad 21 ini kepercayaan akan hal tersebut masih menjamjur pada sebagain orang. Namun, bukan berarti sebagian orang yang dimaksudkan di sini tidak lah selalu terfokuskan kepada orang-orang pinggiran yang tingkat pendidikannya menengah kebawah. 

Kini pecinta benda-benda pusaka yang bertuah atau memiliki kekuatan gaib masih sangat banyak, tidak hanya didisa bahkan di kota sekalipun. Hal ini tak luput dari pengaruh nasab keturunan dan lingkungan sekitar. Jika Anda hidup di sekitar orang yang mempunyai keyakinan seperti itu besar kemungkinan lambat laun Anda juga akan mempercayainya (benda-benda bertuah).

Dalam dunia cinta benda-benda pusaka pasti nama keris singo barong serta Sejarah Keris Singo Barong sudah tidak asing lagi. Nama keris tersebut sangat masyur ditanah Indonesia. Konon pemilik keris dengan sebutan keris singo barong tersebut di miliki oleh seorang kyiai berjuluk sang singo barong, karena kewibawaannya.

Keris tersebut menjadi buruan para pecinta benda pusaka karena kekuatannya yang melebihi benda pusaka lainnya. konon, menurut penuturan para sesepuh keris tersebut sudah ada sejak zamn kerajaan di Indonesia. Namun keris tersebut tetap ada keberadaannya karena pemilik awal akan menyerahkan keris singo barong tersebut kepada generasi selanjutnya, yang dipilih secara ghaib. Dalam artian pemilik awal tidak sembarangan memilih calon penggantinya.

Dilihat dari Sejarah Keris Singo Barong yang berpindah-pindah kepemilikannya, keris ini memiliki keunikan tersendiri. Sebagai perumpamaan keris ini sama saja dengan pakaian, dimana pakaian atau baju akan terlihat sangat bagus jika digunakan oleh orang yang pas (ada istilah cocok dan tidak cocok). Keris singo barong pun demikian, jika keris singo barong menyatuh dengan pemiliknya, maka si pemilik tersebut akn terlihat sangat berwibawa. Bahkan ia akan di segani oleh lawan, apalagi kawan.

Atas keberwibawaan yang di sebabkan oleh keris singo barong itu, menjadikannya satu satunya keris yang sangat diburuh oleh orang-orang Indonesia. Bahkan tidak hanya dari kalangan pecinta keris belaka yang memburu dan menginginkan keris singo barong ini. para tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan daerah, pimpinan kota hingga presiden sekalipun sangat menginginkan keris singo barong. Jika pemimpin-pemimpin tersebut memiliki keris ini, maka dia akan disegani oleh bawahannya, oleh semua orang bahkan akan disegani oleh lawan ataupun kawan politiknya. Sangat ampuh bukan keris singo barong ini?? 

Sejarah Keris Singo Barong ini juga pernah diejawantahkan oleh seorang pecinta benda-benda pusaka seperti kidung pamungkas dan lainnya. kidung pamungkas mengatakan bahwa ornament keris dengan Dhapur (bentuk) singo barong tersebut selain membawa kewibawaan terhadap pemiliknya, keris tersebut juga bisa berdiri disendiri diatas lantai untuk membuktikan keaslihannya. Karena di luaran sana banyak sekali barang-barang tiruan yang mirip dengan bentuk keris singo barong.

Selain menambah kewibawaan terhadap pemilik keris singo barong yang cocok, keris ini juga akan membuntuk pemiliknya berpribadi dan berkarakter pemberani. Dia tidak hanya akan disegani oleh lawan ataupun kawan, ia (pemilik) akan selalu berani menghadapi berbagai situasi apapun. Jika sudah demikian pemilik tersebut jika dikonteks kan dalam dunia kekerasan tidak akan mudah dikalahkan oleh para musuh-musuhnya.

Secara simbolik, menelisik dari dhapur (bentuk) keris, keris singo barong merupakan pusaka yang sedikit banyak ada pengaruh budaya china di nusantara. Karena keris dengan dhapur tersebut juga sering terlihat diklenteng-klenteng yang tersebar di penjuru Indonesia. Hal tersebut, tentang pengaruh budaya china di nusantara juga sering diperkuat adanya kesamaan bentuk antara keris singo barong dengan archa binatang mitologi penunggu dalam budaya china yang terdapat di klenteng. 

Sejarah Keris Singo Barong juga sering menyinggung tentang mulut singa pada bagian keris singo barong selalu di sumpal dengan permata ataupun emas. Hal ini di percaya bahwa sumbatan pada mulut singa tersebut merupakan simbolik dari menahan amarah. Hal ini sangat singkron dengan sebuah kewibawaan seorang pemimpin, dimana seorang pemimpih untuk mendapat kewibawaan yang lebih haruslah tetap bersikap bijak agar semua urusannya dalam menata sesuatu tidak di kacaukan oleh kemarahan. Dengan begitu kewibawaan yang diinginkan bisa di capai dengan mudah.

Disisi lain, selain mendapatkan kewibawaan, keberanian serta kebijaksanaan keris dengan dhapur singo barong tersebut juga akan melindungi tuannya (pemiliknya) dari hal yang tidak diinginkan. Misalnya seperti pertahan tubuh, gerak refleks ketika ada serangan dadakan ataupun yang lainnya. sehingga dengan kekuatan tersebut akan membuat pemiliknya tidak terlalu khawatir ketika bepergian seorang diri, karena selalu terdapat penjaga dirinya yang selalu bersama.

Menjaga keampuhan dari keris singo barong memang sangat diperlukan, hal ini bertujuan untuk tetap menjaga keampuhan atau kekuatannya. Salah satu menjaga dan merawatat keris pusaka yang paling gampang adalah dengan meredamnya kepada air kelapa yang sudah tua, kemudian menjutkannya dengan mengoleskan atau menggosokkan jeruk nipis pada bagian keris. Setelah itu keringkan kemudian masukkan lagi ketempat penyimpanan. 

Hal tersebut diyakini oleh masyarakat jawa untuk mempertahankan khodam, kekuatan dan keampuhan dari keris tersebut agar sejarah keris singo barong yang sakti tidak hanya menjadi sebuah mitos yang tidak dapat di buktikan kebenarannya.