Mengenal Jumlah Luk pada Keris Pusaka Nusantara

Indonesia sangat kaya dengan berbagai ragam warisan budaya dan sejarahnya, setiap daerah memiliki warisan budayanya sendiri. Dan keris adalah salah satu warisan budaya yang berupa benda pusaka. Maka itulah disebut keris pusaka, yang artinya peninggalan dari budaya Nusantara.

Keris merupakan salah satu senjata tajam yang dapat digunakan untuk melindungi diri, dimana pada jaman kerajaan dulu dipakai sebagai senjata perang untuk melawan musuh. Namun kini keris hanya digunakan sebagai perlengkapan aksesoris pelengkap dalam pakaian adat, atau juga digunakan sebagai pelengkap sesajen.

Keris pusaka yang ada di Nusantara Indonesia memiliki berbagai macam bentuk, ukiran, lekukan dan fungsi yang berbeda - beda. Lekukan - lekukan di sepanjang badan keris itulah yang disebut luk keris. Jumlah luk dalam setiap keris berbeda - beda dan konon memiliki arti tersendiri. 

Dan dibawah ini kami jelaskan jumlah luk pada  keris pusaka Nusantara dan beserta maknanya:

Luk 1

Jumlah luk 1 pada keris melambangkan harapan dan keinginan dari pemiliknya, menginginkan kemakmuran dan lebih banyak hasrat duniawinya yang ingin  diraih, seperti menginginkan kekuasaan dan derajat yang tinggi. Dengan cara mendekatkan diri pada Tuhan agar dapat meraih hasratnya itu.

Keris luk 1 biasanya memiliki aura yang panas dengan energi yang bersifat tajam. Umumnya keris luk 1 dibuat memang dengan tujuan untuk mendapat kewibawaan, kekuatan dan kekuasaan. 

Luk 3

Makna yang terkandung pada luk 3 hampir sama dengan luk 1, yaitu mendekatkan diri pada Tuhan Sang Pencipta sebagai upaya untuk meraih segala keinginan.

Namun pada luk 3 ini terdapat adanya keseimbangan antara hasrat kehidupan duniawi dan sisi rohani spiritual pemilik keris. Dengan kata lain seimbang antara jasmani dan rohani dalam menjalani hidup di dunia.  

Aura yang terkandung dalam keris luk  ini juga lebih lembut dan halus sesuai dengan kondisi psikologis dari  sang pemilik.

Luk 5

Keris luk 5 dibuat dengan tujuan sebagai penunjang untuk menjaga kekuasaan, agar yang memilikinya lebih dihormati, dicintai dan disegani oleh rakyatnya atau bawahannya, juga memiliki kewibawaan dan karismatik. Dengan diisi kesaktian dalam keris ini guna menjaga kekuasaannya tersebut.

Karena tujuan pembuatannya sebagai alat mempertahankan dan menjaga kekuasaan itulah, maka pada jaman dulu keris luk 5 hanya boleh dimiliki oleh para raja dan pangeran,  keturunan kerajaan, adipati, bupati yang masih keturunan kerajaan atau ningrat dan juga pemimpin atau orang yang berkuasa dalam masyarakat. 

Bila dimiliki oleh rakyat biasa yang tidak memiliki kekuasaan apapun dalam masyarakat, maka keris luk 5 ini tidak akan bertuah atau tidak berfungsi sebagaimana tujuan pembuatannya. Jadi tidak sembarangan orang bisa memiliki dan merasakan manfaat dari keris luk 5.

Karena tujuan pembuatan seperti biasanya keris luk 5 akan menuntut banyak sesajen pada pemiliknya.

Luk 7

Keris luk 7 dibuat dengan tujuan untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta dengan sepenuhnya. Hanya di peruntukan bagi mereka yang telah mapan dan berjaya yang tidak perlu lagi mengejar urusan duniawi, yaitu para raja atau keluarga raja yang sudah matang dari segi usia psikologinya hingga mereka lebih tekun dalam  urusan spiritual rohani.

Luk 9

Keris luk 9 dibuat khusus untuk para sesepuh masyarakat atau pandito, yang tidak memikirkan urusan duniawi, dan telah dianggap mapan dalam urusan rohani. Keris luk 9 memberi keselamatan dalam ilmu rohani, karena itulah keris ini memberikan aura sejuk pada pemiliknya. 

Luk 11

Keris luk 9 dibuat khusus untuk seseorang untuk memperkuat sifat tenang, kalem dan tidak angker. Tapi dibalik ketenangannya itu mengandung kekuatan gaib yang mampu melawan kekuatan gaib musuhnya. Karena dianggap tak memiliki kesaktian yang tinggi keris ini banyak dibuat duplikatnya atau tiruannya.

Luk 13

Banyak orang yang pasti tahu dan beranggapan 13 adalah angka sial, karena itulah keris luk 13 dibuat dengan tujuan untuk menangkal kesialan bagi orang  yang memiliki kekuasaan.

Maksudnya adalah pemimpin atau penguasa yang memiliki keris luk 13 ini maka ia akan mampu menjaga dan melindungi rakyatnya dari marabahaya, malapetaka atau segala kesialan. Dengan begitu orang-orang yang dilindunginya akan tunduk dan sujud padanya.

Luk diatas 13

Keris luk diatas 13 tidak memiliki arti khusus tetapi dibuat hanya sebagai koleksi kerajaan saja.

Itulah jumlah luk yang terdapat pada keris - keris pusaka nusantara beserta makna dan tujuan dibuatnya. Sebenarnya jumlah luk pada keris itu tidak terbatas ada yang bahkan hingga diatas 100 namun tidak diketahui pasti tujuan dibuatnya. 

Hanya sampai pada luk 13 saja yang dikenal dan diketahui tujuan dibuatnya pada jaman dahulu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin tahu mengenai jumlah luk pada keris  pusaka Nusantara.

.

Konsultasi SERIUS dengan Pakarnya Ki Sabrang Alam, Silahkan Hubungi Kontak di Bawah ini :

081 226 888 103 ( WA / Telpon / SMS )