Makna Jumlah Luk Keris Pusaka

Makna jumlah luk keris pusaka – Bagi penduduk di Indonesia, pastinya sudah tidak asing lagi dengan benda pusaka yang bernama keris. Keris ini diindetikkan dengan hal-hal berbau mistis yang keabsahannya masih menjadi misteri. Keris sendiri banyak sekali dijumpai di daerah Pulau Jawa.

Banyak sekali jenis keris yang ada di Indonesia dari segala penjuru daerah. Tidak hanya di Jawa saja, namun di daerah lain pun ada, namun popularitasnya tidak sebanyak yang ada di Pulau Jawa. Bukan hanya dari jenisnya saja yang beragam, namun juga bentuk dari keris itu sendiri bermacam-macam.

Nah, berbicara tentang keris ini, tentu saja yang namanya keris pusaka memiliki bentuk yang beragam, ya. Ada yang lurus saja, ada juga yang bergelombang. Nah, gelombang yang ada pada keris inilah yang disebut dengan luk. Untuk tiap keris pusaka tentunya memiliki jumlah luk yang berbeda-beda. Untuk itu, kali ini akan kita bahas mengenai makna dari jumlah luk keris pusaka yang ada di Indonesia.

 

Makna Jumlah Luk Keris Lurus 

Luk keris yang lurus saja melambangkan akan rasa percaya terhadap adanya Tuhan Yang Maha Esa. Luk keris berbentuk lurus ini juga memiliki makna bahwa adanya keteguhan hati dan juga kekuatan iman.

Makna Jumlah Luk Keris Tiga 

Luk keris dengan jumlab tiga memiliki makna yang melambangkan akan suatu cita-cita yang dimohonkan dan juga diharapkan bisa terwujud sesuai dengan keinginan, namun tentu atas kehendak dan juga campur tangan Tuhan. Dalam mewujudkan cita-cita tersebut pun diharapkan agar dipermudah dalam menghadapi segala macam rintangan yang ada.

Makna Jumlah Luk Keris Lima 

Untuk makna dari jumlah luk lima ini sedikit lebih dalam. Karena berkaitan langsung dengan pemiliknya. Yang mana bagi pemilik keris dengan luk berjumlah lima ini diharapkan dan juga dimaksudkan untuk memberikan keberanian bagi pemilik agar bisa berbicara dengan lancar dan juga tanggap didepan banyak orang. Serta segala ucapannya bisa dipercaya dan juga berpengaruh bagi setiap pendengarnya.

Makna Jumlah Luk Keris Tujuh 

Keris luk tujuh memiliki makna sebagai wibawa. Dimana pemilik mengharapkan adanya efek kewibawaan yang dipancarkan untuk setiap pembawaannya. Lebih tepatnya adalah setiap perkataannya akan mudah ditaati, ditakuti, dan juga dituruti.

Makna Jumlah Luk Keris Sembilan 

Nah, makna dari jumlah luk keris pusaka sembilan ini hampir sama dengan yang berjumlah tujuh, yakni untuk kewibawaan. Dimana tujuannya kali ini dikhususkan untuk pembawaan kharismatik seorang pemimpin besar. Dimana sang pemilik dari keris luk sembilan ini akan lebih disegani banyak orang.

Makna Jumlah Luk Keris Sebelas 

Untuk makna keris luk sebelas ini sedikit lebih greget lagi. Yakni untuk sebuah ambisi. Dimana tujuannya adalah sebagai dorongan bagi pemilik keris untuk mencapai pangkat setinggi-tingginya dan juga kedudukan penting. 

Makna Jumlah Luk Keris Tiga Belas

Untuk makna jumlah luk tiga belas ini melambangkan akan permohonan sebuah kemapanan. Baik kemapanan dari segi ekonomi maupun dari segi sosial. Dimana hal ini berkesinambungan langsung dengan duniawi pastinya.

 

Kenapa Luk Keris Berjumlah Ganjil?

Ada makna juga dibalik jumlah luk pada sebuah keris. Dimana yang telah diketahui bersama bahwa luk keris selalu berjumlah ganjil. Nah, kenapa ganjil? Karena penduduk Jawa mempercayai bahwa sesuatu yang berjumlah genap melambangkan kesudahan atau sesuatu yang sudah selesai. Itu sebabnya luk keris selalu berjumlah ganjil karena ada harapan untuk keberlanjutan dan juga keinginan untuk terus maju.

Itulah beberapa makna dari jumlah luk keris pusaka yang bisa kita pelajari dengan teori dan juga ilmu pengetahuan tentang keris yang sudah paten. Jika memiliki satu diantaranya, coba hitung berapa luk yang ada di keris tersebut dan lihatlah apa maknanya. Selamat mencoba!

Konsultasi Serius Hubungi Kontak di Bawah ini :

081 226 888 103 ( WA / Telpon / SMS )