Jangan sampai Salah Pilih, Kenali Dulu Karakter Keris Jawa Ini Agar Cocok

Salam dari Saya Ki Sabrang Alam Pakar Mistik Nusantara.

Apa kabar ? Semoga Anda selalu dalam keadaan baik, sehat selalu dan apa yang menjadi hajad atau keinginan Anda segera di kabulkan dan di dekatkan oleh Tuhan YME. Amin

Pada tulisan kali ini Saya sharing mengenai Keris Pusaka Jawa.

Tujuan dari pembuatan keris pada masa lampau adalah sebagai penujang kesaktian serta menunjuk kekuasan pemiliknya. 
Sebagai sebuah pusaka yang di gunakan sebagai piandel untuk mendampingi manusia pemilnya, kerispun di buat dengan menyesuaikan sifat serta prilaku dari pemiliknya saat proses pembuatannya. 

keris pusaka jawa

Hal ini bertujuan supaya karakternya bisa sejalan, bisa selaras dan bisa sejalur dengan mengikuti sifat dari manusia pemiliknya. 
Selain di samakan dengan sifat serta karakter pemiliknya, dalam setiap pembuatan keris para Mpu di berbagai wilayah juga memiliki karakter yang berbeda beda. Hal ini bisa jadi sebagai bentuk perwujudan karakter jaman dulu di wilayah tersebut. 
Dan berikut adalah ciri – ciri karekter keris di berbagai wilayah di Tanah Jawa : 

1. Karekter keris Jawa yang Berasal Dari Jawa Barat 

Keris yang di buat di wilayah Jawa Barat biasanya memiliki karakter yang keras dari segi energinya, hawa panas serta aura yang cukup menakutkan. Bagi Sebagian oranng yang memiliki kepekaan bathin cukup kuat hanya melihat sekilas saja hawa kewingitan tersebut sudah bisa di rasakan.

Karakter tersebut terbentuk dari karakter orang Jawa Barat itu sendiri yang sering kali mengedepankan sifat keilmuannya yang tinggi dan keras.

Jika di lihat secara fisik, karakter keris yang berasal dari Jawa Barat itu lebih berat di bandingkan dari wilayah lain. Dengan ukuran yang cukup besar dan Panjang. Untuk bilahnya sendiri memiliki tekstur agak kasar dengan pori – pori logamnya yang Nampak besar. Hal ini di sebabkan oleh proses penempaan logamnya yang kurang matang, ini juga yang menyebabkan daya serap bilahnya sangat kuat dalam menyerap minyak saat di jamas atau di minyaki. 

Untuk gaib kerisnya, Keris jenis ini sangat cocok di isi dengan jenis gaib keris sifat energinya besar dan juga berat atau kasar. 

2. Karakter Keris jawa yang Berasal Dari Jawa Timur 

Karakter Keris Jawa Timur memiliki ciri halus dan juga tajam, bahkan karakter ini merupakan ciri khasnya. 

Untuk sifatnya sendiri, keris yang berasal dari Jawa Timur ini memiliki sifan energi yang halus namun tajam, tidak angker tapi memiliki kekuatan wibawa yang kuat sehingga ketika di lihat sekilas oleh orang – orang dengan spiritualitas terlatih bisa merasakan bahwa keris tersebut memiliki kesaktian tinggi meskipun masih terlihat keanggunan yang mempesona dari penampilan keris itu sendiri.

Karekter keris yang satu ini sangat cocok jika di gunakan untuk kesaktian.

Dari segi fisik sendiri, karakter Keris Jawa Timur ini memiliki berat yang cenderung lebih ringan di bandingkan dengan keris jawa barat. Bilahnyapun lebih ramping dan penempaan logamnya lebih matang di bandingkan karekter keris Jawa Barat. Sehingga, tekstur permukaannya lebih halus dan padat karena pori – porinya lebih padat. 

Bisanya ciri paling mudah adalah ketika di minyaki, jenis karakter keris ini akan sulit meresap atau membutuhkan waktu lama untuk bisa meresap ke bilah keris.

Keris jenis ini sangat cocok jika di isi dengan kegaiban khodam yang memiliki sifat tajam dan halus berwibawa seperti khodam pengasihan.

3. Karakter Keris Jawa yang berasal dari Jawa Tengah 

Seperti halnya karakter sifat orang jawa tengah itu sendiri yang tidak menonjolkan keilmuannya yang tinggi dan watak ilmu yang keran, namun ilmu kesaktian yang di miliki lebih menekankan pada sifat ilmu yang ada di dalam diri yang bersifat mengintimidasi kesaktian lawan atau lebih sering di sebut juga menundukkan atau menghilangkan kesaktian lawan. 

Bisa di bilang, orang jwa lebih suka menyembunyikan kesaktiannya. Hal itu bisa di lihat sendiri begitu banyak orang sakti dari jawa tengah yang tidak kelihatan sebagai orang sakti. Dasar dari perwatakan tersebut adalah semboyan lama atau filosofi kebatinan jawa yaitu “Mendem Jero” atau menyembunyikan apa yang di miliki”, namun tetap nampak berkarisma di hadapan sesame orang berilmu.

Untuk karakter kerisnya sendiri memiliki sifat yang halus namun energinya sangat besar yang mana nerginya bersifat menindih atau mengintimidasi energi lawan. Tidak menonjolkan kewibawaannya apalagi kewingitannya. Tidak menakutkan sehingga sering kali keris dengan karakter Jawa Tengah ini menipu banyak orang.

Orang yang belum memiliki kepekaan bathin yang kuat pasti akan mengira bahwa jenis keris ini itu kosong isinya, lemah energinya dan yang lainnya karena memang getaran energinya cukup sulit untuk di deteksi. Meskipun keris tersebut memiliki kekuatan yang begitu besar.

Getaran energi tersebut akan terasa oleh merek ayang memiliki kepekaan energi yang kuat. Biasanya, keris yang berasal dari Jawa Tengah sering kali di sebut dengan keris tindih.

Dari segi fisik dapat di lihat bahwa keris jenis ini memiliki sedikit kemiripan dengan jenis keris Jawa Barat namun keris jawa tengah memiliki bilah yang lebih ringan dan ukuran bilahnya lebih pendek dan ramping, 
Penempaan logamnya leih matang dan lebih halus.

Itulah beberapa karakter Keris dari tanah Jawa yang mana memiliki sifat dan juga tingkat energinya masing – masing. Jadi jika memang Anda ingin mengkoleksi keris yang tidak hanya untuk tujuan koleksi saja, maka wajib bagi Anda untuk mengetahui hal ini agar tidak salah dalam memilah bilah keris yang cocok dengan Anda. 

Semoga apa yang di sampaikan bermanfaat dan menambah wawasan Anda