Inilah Sejarah Keris Setan Kober yang Dipercaya Mampu Memberikan Kekuatan Dahsyat


Inilah Sejarah Keris Setan Kober yang Dipercaya Mampu Memberikan Kekuatan Dahsyat - Saat ini, mencari tahu mengenai hal-hal mistis di Indonesia seakan tidak ada habisnya. Terdapat banyak manusia tempat dan benda-benda yang dianggap menyimpan misteri yang membuat sebagian orang tertarik untuk menelusuri atau mencari tahunya. 

Salah satu benda misteri yang cukup menarik perhatian adalah sebuah keris mistis yang dikisahkan memiliki sebuah kekuatan magis. Keris tersebut berasal dari sebuah babad tanah Jawa yang diberi nama keris setan Kober. Sejarah keris setan kober ini berawal dari kepercayaan bahwa keris tersebut memiliki sebuah kekuatan sakti yang bisa menjadi takdir petaka bagi sang pemiliknya. 

Keris setan kober diciptakan oleh seorang ahli pembuat benda pusaka. Keterangan tersebut terdapat dalam babad yang memuat silsilah raja di tanah Jawa. Keris yang diciptakan oleh leluhur bernama Mpu Bayu Aji ini memiliki kemampuan yang sangat mumpuni. keris setan kober diciptakan sejak zaman kerajaan Pajajaran yaitu pada tahun 1150. 

Mpu Bayu Aji sebagai pencipta keris setan Kober bertempat tinggal di sebuah hutan angker di daerah Cirebon. Selain memiliki kemampuan dalam melahirkan benda yang memiliki kekuatan magis, Mpu Bayu Aji juga dikenal memiliki kemampuan mistis. 

Sejarah keris setan kober mencatat bahwa empuk Bayu Aji memiliki murid yang berasal dari golongan manusia dan bangsa jin. Murid-murid yang tersebut tentu sangat menghormati Mpu Bayu Aji sebagai guru mereka. 

Pada suatu masa, terciptalah sebuah keris pusaka yang memiliki 13 lekukan. Namun, karena suatu hal Mpu Bayu Aji gagal menyempurnakan kekuatan pada keris pusaka luk 13 tersebut. Pada akhirnya, keris tersebut diberi nama keris kyai setan Kober. 

Selain menyimpan sebuah kekuatan, keris tersebut memiliki sebuah kutukan bagi siapapun yang memegang keris tesebut. Jika orang yang memegang keris tersebut saat melakukan peperangan, maka dapat dipastikan ia akan gugur dalam peperangan tersebut. 

Menurut beberapa kutipan dalam sejarah keris setan Kober, keris tersebut jatuh kepada Arya Penangsang, seorang Adipati atau pemimpin wilayah Jipang Panolan, Demak. Arya Penangsang memiliki kekuasaan di daerah tersebut kurang lebih 25 tahun yaitu sejak 1521 hingga 1546.

Pusaka keris setan kober ternyata tidak hanya ingin dimiliki oleh Adipati Arya saja, namun juga oleh seorang tokoh terkenal yang bernama Hadiwijaya. Rasa ingin memiliki tersebut ternyata diketahui oleh Adipati Arya.

Mengetahui hal tersebut kemudian memerintahkan empat orang kepercayaannya untuk merebut kembali keris tersebut. Tidak hanya itu, Adipati Arya juga memerintahkan orang kepercayaannya untuk membunuh Hadiwijaya. Menurut sejarah keris setan Kober, Hadiwijaya merupakan seorang menantu dari Sultan Trenggana. 

Empat kepercayaan Adipati Arya menyelinap masuk ke kediaman Hadiwijaya di malam hari. Namun sayang, aksi penyelinapan tersebut diketahui oleh Hadiwijaya. Hadiwijaya tidak berpikir panjang dan langsung berkelahi dengan orang suruhan Adipati Arya Penangsang. Empat orang suruhan Adipati Arya pada akhirnya dapat dikalahkan oleh Hadiwijaya Karena ia memiliki kemampuan bela diri yang cukup lihai. 

Meskipun pada awalnya menolak untuk memberitahu yang memerintahkan mereka untuk menyelinap ke kediaman Hadiwijaya, keempat suruhan Arya Penangsang pada akhirnya memberitahukan bahwa mereka adalah orang yang diperintahkan Adipati Aria untuk menyerang Hadiwijaya. 

Sejarah keris setan kober mencatat, bahwa setelah mengembalikan pusaka tersebut kepada pemilik yang sebelumnya Hadiwijaya terlibat perkelahian dengan Adipati Arya Penangsang. pada akhirnya, sunan Kudus datang dan melerai serta mendamaikan Arya Penangsang dan Hadiwijaya. Sunan Kudus memerintahkan kepada Adipati Arya yang sedang dihinggapi amarah untuk melakukan puasa selama 40 hari. 

Meskipun pernah diperebutkan oleh beberapa orang penting, keris setan kober ternyata hanya membawa petaka bagi siapapun yang memilikinya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, keris setan kober akan membuat si pemiliknya gugur dalam peperangan. Ini karena pusaka tersebut sudah dikutuk untuk membawa petaka bagi siapapun pemiliknya. 

Menurut sejarah keris setan Kober, terdapat seorang Ratu yang pada saat itu tengah bertapa di gunung danaraja yang mendesak Hadiwijaya untuk menanyakan Adipati Arya. Ratu tersebut bernama Kalinyamat. Alasan Ratu tersebut mendesak Hadiwijaya adalah karena kekuatan magis yang dipancarkan oleh keris setan kober tidak biasa. 

Kalinyamat mengaku pada Hadiwijaya bahwa dirinya adalah seorang pewaris tahta sunan Prawoto. Ia berjanji akan memberikan Jepara dan Demak kepada Hadiwijaya jika berhasil melenyapkan Adipati Arya.

karena tergiur dengan imbalan yang ditawarkan oleh Ratu Kalinyamat, Hadiwijaya menggelar sayembara untuk membunuh Adipati Arya Penangsang. Hadiwijaya juga akan menghadiahkan tanah di wilayah Pati dan Mataram Jika ada yang berhasil melakukan perintahnya. 

Setelah berhasil menyelasaikan puasa 40 harinya, amarah Adipati Arya Penangsang kembali tersulut karena saya marah yang dilakukan oleh Hadiwijaya. Terjadilah peperangan antara Arya Penangsang dengan orang yang melakukan sayembara Hadiwijaya, Hingga pada akhirnya Arya Penangsang lah yang kalah dalam peperangan tersebut. 

Sejarah keris setan kober hingga saat ini tidak mengisahkan keberadaan keris tersebut. Layaknya pusaka yang misterius, keris setan kober tidak diketahui dimana dan siapa pemiliknya. Informasi mengenai keris tersebut lenyap bersamaan dengan kematian Adipati Arya Penangsang.