Inilah 6 Keris Pusaka Yang Memiliki Kekuatan Magis

Keris pusaka adalah salah satu jenis pusaka yang sudah ada sejak jaman dahulu dan terkenal dengan kekuatan magisnya. Keris juga merupakan senjata untuk perang di masa lalu.

Salah satu pusaka yang terkenal dari Indonesia salah satunya adalah keris. Keris dahulu menjadi senjata perang di kerajaan-kerajaan besar di Indonesia. begitu pula sebagai media melakukan ritual.

Namun berbeda untuk saat ini dimana keris umumnya hanya digunakan sebagai koleksi, pelengkap busana seperti busana untuk pernikahan adat jawa, maupun pajangan di museum.

Jaman dahulu keris memang dikenal akan kesaktian nya, hal ini terwujud dari beberapa kisah yang menyebutkan bahwa pusaka ini memiliki kekuatan magis yang dapat digunakan untuk senjata perang dan pelindung para raja-raja.

Bahkan saat ini organisasi kebudayaan, pendidikan, dan keilmuan di dunia atau UNESCO pun telah menetapkan bahwa keris sebagai peninggalan dan warisan budaya dunia dari Indonesia. Maka kita sebagai bangsa Indonesia harus berbangga dengan hal ini.

Tidak lengkap jika anda belum mengetahui keris pusaka sakti apa saja yang paling memiliki kekuatan magis sejak jaman dahulu. Untuk lengkapnya anda bisa menyimak di bawah ini.

1. Keris Mpu Gandring

Posisi nomor satu sudah hak paten milik Mpu Gandring. Keris ini sudah terkenal sejak berdiri nya Kerajaan Singasari di Jawa Timur. Keris ini memiliki kekuatan magis yang hebat yakni bisa memakan korban jiwa akibat kutukan nya. 
Keris ini berdasarkan namanya dibuat oleh Mpu Gandring. Namun pada ceritanya Ken Arok lah yang menusuk Mpu Gandring dengan keris ini dan akhirnya memakan 7 turunan dari Ken Arok akibat kutukan yang telah dibuat oleh Mpu Gandring. 

2. Keris Naga Sasra

Keris bertuah peninggalan Kerajaan Majapahit ini memiliki jumlah luk sembilan, sebelas, hingga tiga belas. Oleh karena itu penyebutan keris ini harus diikuti dengan penyebutan luk nya.

Keris nagasasra dibuat oleh Mpu Ki Nom yang hidup pada saat Kerajaan Majapahit. Keris ini juga dipercaya membuat kekuasaan seseorang tidak akan pernah jatuh. Konon keris ini bisa menaklukan jagat kahyangan.

Oleh karena itu sekarang banyak orang yang memburu keris ini. Tetapi keberadaan keris ini belum diketahui siapapun sampai saat ini.

3. Keris Setan Kober

Keris pusaka bertuah ini merupakan milik dari Arya Penangsang yang dikenal pada saat perang melawan Sutawijaya. Bahkan konon saking kuat energi magis nya membuat keris ini bisa menimbulkan getaran hebat yang bisa dirasakan oleh orang di sekitarnya. 

Keris ini pun juga bisa membuat timbulnya angin ribut atau badai. Hawa panas pun bisa menyelimuti sang pemilik keris ini. Keberadaan keris ini masih misterius membuat orang-orang semakin penasaran untuk mencari keberadaan nya.

4. Keris Kyai Sengkelat

Keris ini dibuat oleh Mpu Supa Mandagri. Karena sakit hebatnya energi dan magisnya pusaka ini membuat para pejabat dan penguasa tertarik memiliki nya, seperti pada Adipati Blambangan.

Menurut kisah jaman dahulu, keris ini memang memiliki kekuatan yang maha dahsyat, yakni bisa menangkal berbagai penyakit yang menyerang Kerajaan Majapahit pada waktu itu.

5. Keris Condong Campur

Keris atau pusaka ini juga terkenal pada masa Kerajaan Majapahit. Keris ini juga disebut Keris Kyai Condong Campur yang dibuat oleh ratusan Mpu.

Keampuhan dan kekuatan magis ini dipercaya membawa pengaruh jahat. Oleh karena itu tidak banyak orang yang berani untuk memiliki pusaka di saat zaman Kerajaan Majapahit ini.

6. Keris Taming Sari

Pemilik Keris pusaka adalah salah satu jenis pusaka yang sudah ada sejak jaman dahulu dan terkenal dengan kekuatan magisnya. Keris juga merupakan senjata untuk perang di masa lalu. ini adalah seorang pendekar atau hulubalang yang berasal dari Kerajaan Majapahit bernama Taming Sari. Kemudian keris ini beralih tangan ke Hang Tuah atas duel yang terjadi dengan Taming Sari.

Oleh karena itu keris ini juga dianggap sakral dan magis pada zaman nya. Sehingga banyak orang yang mencari keris ini. 
Itu tadi sedikit cerita dan penggambaran mengenai kesaktian dan kekuatan magis yang dimiliki keris atau pusaka jaman dahulu. 
Saat ini keris jarang sekali digunakan sebagai alat atau senjata dalam perang, namun ada beberapa kegiatan yang masih menggunakan keris sebagai ritual adat atau dalam upacara adat tertentu.

Kekuatan dan magisnya pusaka ini sudah terkenal sejak jaman dahulu, oleh sebab itu hingga saat ini banyak masyarakat yang ingin mengoleksi keris untuk dijadikan barang antik peninggalan sejarah jaman dahulu.

Oleh sebab itu jaman dahulu konon keris juga bisa bergerak dengan sendiri nya karena sakit kuatnya daya magis yang ada di dalamnya. Keris yang dapat bergerak sendiri diyakini memiliki sang penunggu atau roh di dalamnya. Pada waktu tertentu seperti malam jumat kliwon, keris ini akan memunculkan magisnya.

Nah itu tadi sedikit ulasan mengenai 6 keris pusaka yang memiliki kekuatan magis, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda baca.